Areba~Alba: Pekerja Part Time di Korea

Yang sering nonton drama Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “Areba” untuk telinga kita terdengar seperti “ALBA” yang artinya adalah orang yang bekerja paruh waktu atau part-time.

Areba sendiri adalah singkatan dari kata kerja “Arebaite” 아르바이트 yang benar artinya bekerja secara part time. Areba atau Alba menjadi subyek orang yang melakukan pekerjaan part time tersebut.

Korea Selatan adalah negara yang masyarakatnya benar-benar menghargai waktu dan uang.  Setiap jam diartikan bisa menjadi sumber dana pemasukan bagi setiap orang.  Walaupun di negara kita sendiri mungkin mengerti artinya. Tapi konsep mencari uang di Korea benar-benar berbeda, mereka tidak tanggung-tanggung melakukan pekerjaan double, demi mengumpulkan 7,530 won per jamnya.  Tidak ada kata lelah, tidak ada kata jam malam, tidak ada kata hari libur, apalagi hanya buat libur 17-Agustusan misalnya.  Setiap hari mereka hargai dengan uang, yang memang pada akhirnya menjadikan kehidupan mereka lebih baik.

Manusia di Korea Selatan hanya berpikir secara simple dan rasional, semakin banyak hari dan jam mereka bekerja, semakin banyak pendapatan yang bisa ditabung.  Jadi setiap kesempatan kerja, mereka tidak banyak gengsi melakukannya.

Alba, bisa dibilang bermacam-macam; dari pengantar susu, menyebarkan flier brosur dijalan, kurir paket, pengantar makanan, yang paling trend memang penjaga minimarket atau pelayan cafe dan restoran.  Menurut peraturan tenaga kerja Korea Selatan sejak 2017 sekarang Alba bisa mendapatkan KRW 7,530 per jam, lebih tinggi dari yang sebelumnya hanya sekitar 6000an won saja.  Presiden Moon yang sekarang pun berjanji di tahun 2022, Alba akan dihargai KRW 10,000 per jamnya.  Kalau di kurskan negara kita sekitar IDR 110,000 lho. Besar ya?!

Memang kelebihan di Korea Selatan, walaupun masyarakatnya terbilang gila kerja, hasil yang didapatpun cukup sepadan.  Walaupun untuk standard masyarakat Korea Selatan memang sangat jauh dibanding bekerja full time di sebuah perusahaan.  Teman saya Kim G.H. yang lulusan Universitas di Seoul tahun 2014 mengatakan lulusan Bachelor degree di Korea, standard menginginkan gaji minimal KRW 2,500,000 untuk perusahaan biasa.  Jika perusahaan raksasa seperti Samsung atau CJ bisa gaji sekitar KRW 4,500,000 bahkan lebih untuk awalnya.  Terlepas dari pasti atau tidaknya angka tersebut, tapi bisa dipastikan bagaimana standard hidup di Korea begitu tingginya dibanding negara kita ini.  Yang bisa dikatakan sama-sama merdeka hanya berbeda 2 hari saja, Korea Selatan liberation 15 Agustus 1945.  Tapi mereka jauh lebih maju dan lebih makmur.

Cukup ‘envy’ karena di negara kita tidak ada sistem bekerja “Areba/Alba” seperti di Korea, dimana pekerja Alba walaupun part time tetap dilindungi hukum tenaga kerja dan memiliki standard gaji, yang tidak ada satupun pemilik usaha yang berani menentang apalagi membayar dibawah standard gaji Alba yang sudah ditetapkan.

Bahkan untuk posisi Alba sendiri, ada website khusus yang bernama Albamon dimana website ini menyediakan informasi pekerjaan paruh waktu di berbagai kota besar di Korea Selatan. Tapi bahasa Korea lho.

Bagaimana? berminat mencoba kerja Alba di Korea Selatan? tapi harus diawali dengan Sekolah Bahasa Korea dulu ya, karena ini adalah syarat bagaimana bisa secara resmi untuk bekerja part-time di Korea.

Molla Korea kini menawarkan jasa konsultasi untuk siapa saja yang berminat sekolah bahasa Korea atau mungkin hanya ingin merasakan 3 bulan tinggal di Korea Selatan dan merasakan pengalaman hidup sebagai orang lokal Korea.

Note: Molla Korea bukanlah agen pencari kerja, jadi pertanyaan mengenai cara bekerja di perusahaan Korea, cara melamar kerja ke Korea dan sejenisnya tidak akan ditanggapi. Terima kasih pengertiannya!

Konsultasi Sekolah Bahasa Korea_MolangKorea

Advertisements

4 Comments Add yours

  1. isnachou says:

    Hallo admin saya Isna, sepertinya saya berminat untuk bisa belajar bahasa korea secara langsung di negara tersebut, berapa biaya yang harus saya butuhkan untuk proses semua itu??? Dan apa saja dokumen dan syarat2 yang harus saya lengkapi? Terimakasih.

    1. Molla Korea says:

      Annyoung Isna~ sudah mampir di molangkorea, kamsahamneeda!
      Molang Korea kini bekerjasama dengan Stori Asia Tour Co. untuk itu silahkan hubungi storiasia@gmail.com untuk info lengkap. Biaya perkiraan adalah tergantung sekolah bahasa mana yang kamu pilih serta jadwal yang akan dipilih. Stori Asia akan membantu kamu untuk dokumen dan formulir yang dibutuhkan untuk mendaftar sekolah bahasa sesuai kemampuan kamu, juga untuk mencari tempat tinggal.

  2. isnachou says:

    Terimakasih atas responnya yaa kak, oiya saya itu kan selesai kuliah kira2 bulan september sekarang, itu buat belajar bahasa korea di koreanya langsung itu hanya 3 bulan saja yaa kak?? Apa itu bisa membantu saya untuk nantinya mencari pekerjaan disana kak? Karna jujur saya juga ada niatan buat kerja di sana terutama di bidang hotel atau restoran nya kak, makasih yaa kak…

    1. Molla Korea says:

      Belajar bahasa Korea dengan tujuan bekerja tidak bisa hanya 3 bulan. Itu baru 1 level. Perlu 6 s.d. 8 level utk menguasai bahasa Korea kelas professional. Kamu jg minimal harus lulusan Bachelor degree Universitas di Korea atau di US yg diakui utk bersaing melamar bekerja. Krn standard mrk sangat tinggi jauh dibanding kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s